
AZKO Meraih Retail Asia Awards 2025
Penghargaan diraih atas kesuksesan strategi rebranding AZKO.
AZKO, merek ritel penyedia perlengkapan rumah dan gaya hidup dari A sampai Z di bawah naungan PT Aspirasi Hidup Indonesia (AHI) (ACES), meraih Marketing Initiative of the Year dalam ajang bergengsi Retail Asia Awards 2025. Kesuksesan ini diraih berkat penerapan strategi pemasaran inovatif yang meningkatkan visibilitas merek dan keterlibatan pelanggan seiring dengan peluncuran merek AZKO. Penghargaan diterima di Marina Bay Sands Expo, Singapura, pada 4 Juni 2025 oleh Gregory Sugyono Widjaja sebagai Direktur AHI.
Berbagai strategi dilaksanakan, mulai dari penerapan omnichannel untuk memudahkan pelanggan berbelanja baik secara online maupun offline, kampanye dan promosi digital, kemudahan pembayaran melalui kerja sama dengan berbagai bank dan lembaga finansial ternama, fitur buy now pay later dengan cicilan 0% hingga 12 bulan, kerja sama dengan lebih dari 1.000 influencer dan platform berita digital, pendekatan promosi yang relevan melalui layanan streaming musik digital, serta platform over the top unggulan.
Strategi ini sukses memberikan pertumbuhan kuat di 2024, di mana laba Perusahaan meningkat 15,8% menjadi Rp892 miliar, dari laba pada tahun sebelumnya sebesar Rp 770 miliar. Selain itu, pelanggan omnichannel bertambah 158% menjadi 242.000, dengan total penjualan omnichannel tumbuh 265%. Customer lifetime value untuk pelanggan omnichannel juga meningkat menjadi Rp8,2 juta.
Selain itu, puncak kegiatan pemasaran juga dilakukan dalam proses transformasi merek menjadi AZKO melalui strategi terintegrasi 360 derajat yang dijalankan sejak akhir 2024 hingga kuartal pertama 2025. Peluncuran AZKO pada momen perayaan tahun baru di pusat Kota Jakarta, Bundaran HI, berhasil menarik perhatian lebih dari 200.000 pengunjung.
Ditambah dengan berbagai publikasi melalui billboard, videotron, banner, dan lebih dari 100 kolaborasi media menghasilkan lebih dari 320 juta impression. Customer engagement juga meningkat melalui acara berbelanja eksklusif dengan promo spesial yang berlangsung live saat malam peluncuran AZKO yang juga momen pergantian tahun.
Pasca suksesnya peluncuran merek AZKO, Perusahaan terus berinovasi dengan memperkenalkan toko flagship AZKO yang pertama, dihadiri oleh lebih dari 70 perwakilan media, analis, dan partner bisnis.
Sebagai hasil dari rebranding AZKO, pada kuartal pertama 2025, Perusahaan mencatatkan peningkatan penjualan 7,2% dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya, mencapai Rp2,14 triliun. Pencapaian ini juga didukung oleh Same Store Sales Growth (SSSG) sebesar 2,2%. Selain itu, tingkat kunjungan ke toko fisik juga meningkat 5%. Tak kurang dari 19 juta orang berkunjung ke toko AZKO selama Q1 2025. AZKO juga meraih lebih dari 680 pemberitaan positif, baik dari media berskala nasional maupun internasional, dan menghasilkan news value mencapai Rp 35 miliar, membuktikan kemampuan AHI dalam mengelola dinamika di dunia ritel.
Dengan pengalaman 30 tahun melayani masyarakat Indonesia, AHI senantiasa hadir lebih dekat untuk menginspirasi hidup yang lebih baik melalui pembukaan berbagai toko baru, dan inovasi layanan yang semakin seamless dan solutif, demi menjawab kebutuhan pelanggan secara lebih relevan dan berkelanjutan. Retail Asia Awards 2025 menjadi bukti pencapaian sekaligus motivasi bagi AHI untuk terus meraih pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan dan berkontribusi bagi Indonesia.